Berita
Pelatihan Apk ARKAS
PELATIHAN ARKAS BENDAHARA BOS SMA/SMK/SLB Se KABUPATEN ROKAN HULU

Selasa, 07 Juni 2022 11:21 WIB | Penulis: AP | dilihat: 196 kali
Foto: Pelatihan APK Arkas

Pemerinlah Daerah Propinsi Riau melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan Dana  BOS pada Satuan Pendidikan berupa memastikan semua RKAS Satuan Pendidikan telah disusun sesuai dengan tahapan perencanaan berdasarkan hasil evaluasi diri Satuan Pendidikan dan identifikasi kebutuhan yang kemudian dituangkan dalam RKAS berdasarkan pada prinsip prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dengan tetap mengacu pada Peraturan Gubernur Riau terkait standar biaya dan standar harga satuan barang dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan memastikan semua RKAS Satuan Pendidikan telah diinput dalam sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran Satuan Pendidikan yang disediakan Kementerian.

Sehubungan dengan hal tersebul di atas, Dinas Pendidikan Provinsi Riau  melakukan kegiatan Pelatihan penginputan RKAS pada aplikasi ARKAS bagi sekolah Negeri dan Swasta se Provinsi Riau Tahun 2022 sebanyak 787 (Tujuh ralus delapan puluh lujuh) sekolah yang tersebar pada 12 (Dua belas) Kabupaten/ Kota Provinsi Riau.

Dinas Pendidikan Propinsi Riau menurunkan TIM Pelatih Arkas ke Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 2 orang yaitu Ganda Putra dan Barul Walidaini. Tim Bos Propinsi didampingi juga oleh Cabang Dinas Wilayah III Kampar Rohul turun ke tempat pelaksanaan kegiatan di SMA N1 Rambah. Pada Pembukaan oleh Kacab Dinas Wilayah III yang di wakili oleh pak Zulfami beliau berpesan agar para peserta mengikuti pelatihan ini sebaik mungkin sehingga dapat menyelesaikan pelaporan keuangan masing-masing sekolah sesuai aturan dan tepat waktu.

Untuk Kabupaten Rokan Hulu diikuti oleh 115 peserta Bendahara BOS SMA/SMK/SLB. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 2 juni 2022 selama satu hari. Menurut para peserta dengan adanya pelatihan ini sangat membantu bendahara dalam pengiputan dan pembuatan dan penyelesaian Arkas BOS pada Aplikasi yang di Sediakan Oleh Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi. Setelah pelatihan secara langsung bendara juga mendapatkan bimbingan online oleh TIM BOS Propinsi.